Waspadai! Ini 3 Cara Mendeteksi PC Anda Sedang Di-hack Lewat Netplwiz

 

Privasi dan keamanan data pribadi di PC merupakan hal yang harus dijaga. Sayangnya, banyak hacker jahat berkeliaran mencoba mencuri data sensitif dengan cara meretas PC korban. Lantas, bagaimana Anda bisa tahu PC sedang diretas sebelum terlambat? Lewat Netplwiz, ada 3 cara ampuh mendeteksi aktivitas mencurigakan di PC Anda. 


Mengapa deteksi dini peretasan itu urgent? Karena jika Anda terlambat mengetahui PC di-hack, maka data pribadi seperti password, nomor rekening, hingga foto-foto intim bisa dicuri hacker. Kerugian finansial dan reputasi bisa Anda alami jika hacker jahat berhasil mendapatkan data tersebut. Maka dari itu, lakukan deteksi dini lewat Netplwiz agar bisa segera bertindak jika ada percobaan peretasan ke PC Anda.

Cara 1: Lihat Daftar User Yang Login

Langkah pertama, buka Netplwiz melalui run command dengan menekan Windows+R lalu ketik "netplwiz". Setelah jendela Netplwiz muncul, Anda akan melihat daftar user account yang bisa login ke PC Anda. Periksa daftar tersebut, jika ada user asing mencurigakan, itu tanda PC Anda berhasil dibajak hacker. Segera hapus user tersebut dan ubah password semua account.

Cara 2: Pantau Aktivitas User Login

Selain melihat daftar user, Anda juga bisa memantau history login setiap user lewat Netplwiz. Klik tab "Advanced" lalu pilih "User must enter a user name and password to use this computer". Aktifkan juga "Display user and computer details" supaya history login tertampilkan. Periksa riwayat tersebut secara berkala, jika ada login mencurigakan dari user asing, PC Anda sedang diretas.


Cara 3: Lacak Perubahan Password Account

Cara terakhir, pantau tanggal dan waktu terakhir password diubah lewat Netplwiz. Buka tab "Advanced" lagi, lalu pilih masing-masing user untuk melihat detail account. Perhatikan tanggal password terakhir diubah. Jika Anda tidak merubahnya tapi tanggal berubah, berarti hacker telah meng-hack dan mengganti password tersebut. Segera ubah kembali password ke yang baru dan aman.  



Itulah 3 cara jitu mendeteksi aktivitas peretasan ke PC Anda lewat fitur Netplwiz. Jangan abaikan tanda-tanda tersebut agar Anda bisa segera bertindak sebelum hacker mencuri data penting Anda. Lebih baik pencegahan dini daripada menyesal kemudian. Terapkan tips di atas untuk memastikan privasi dan keamanan PC tetap terjaga dari tangan-tangan jahil hacker.



0 Komentar