Hanya Butuh 10 Detik Mengubah Ejaan Tulisan Kalian Yang Salah di Microsoft Word

Hai Techners, selamat datang di Tutorial Teknologi.

Salah ketik di di dalam suatu tulisan merupakan hal yang lumrah, bahkan semua orang pernah dan sering melakukannya. Namun, pengetikan yang salah secara terus-menerus dapat berakibat fatal bila salah ketik itu dilakukan pada tulisan-tulisan signifikan, layaknya tugas kuliah, penelitian ilmiah, skripsi tesis hingga disertasi. Potensi salah ketik sebetulnya sanggup diminimalisir dengan beberapa metode. Caranya pun juga sangat mudah dan benar-benar dapat dilakukan dengan sendiri tanpa memerlukan ongkos yang mahal untuk menggukan aplikasi atau jasa edit tulisan.

Jika kalian menggunakan perangkat lunak Microsoft Word untuk mengetik, sebetulnya kalian dapat mengaktifkan pemeriksa ejaan yang telah diberikan oleh Microsoft Word secara gratis. Tidak hanya itu, tersedia juga pemeriksa tata bahasa (Grammar checker) yang dapat digunakan untuk mengecek tulisan kalian di dalam Bahasa Inggris. Sayangnya, kedua fitur itu tidak aktif secara otomatis. Oleh karenanya kalian harus mengaturnya secara default di Microsoft Word terhadap perangkat kalian.
Untuk mengaktifkannya, tersedia sebagian langkah sederhana yang perlu kalian lakukan. Apa saja? Simak cara-cara yang telah dikumpulkan oleh admin, berikut ini.

1. Microsoft Word 2010 dan Lebih Baru

- Klik File, lalu klik Opsi.

- Klik Proofing.

- Centang Check spelling as you type.

- Centang Mark grammar errors as you type.

2. Word 2007

- Klik tombol ikon Microsoft Office, lalu klik Word Options.

- Klik Proofing.

- Centang Check spelling as you type.

- Centang Mark grammar errors as you type.

Catatan: bila setelan Check spelling as you type dan Check grammar as you type aktif, ini akan memengaruhi setiap dokumen yang dibuka di Word 2007. Jika orang lain menggunakan dokumen tersebut, kamu mungkin perlu memberi tahu bahwa kamu telah membuat perubahan ini.

3. Word 2003, Word 2002, dan Word 2000

- Di menu Tools, klik Options, lalu klik Spelling & Grammar.

- Centang Check spelling as you type.

- Centang Check grammar as you type.

Selain itu ada juga cara unik yang admin telah dapatkan dan sangat membantu penulisan karya ilmiah mahasiswa selama ini. Tidak hanya tugas-tugas, tapi juga skripsi hingga disertasi yang berates-ratus halaman itu kini tertolong melalui cara ini. Penasaran caranya? Yuk, langsung saja simak Langkah-langkah di bawah:

1. Buka Google Chrome Kalian.

2. Pilih Google Docs Untuk Membuka Lembaran Kerja Baru.

3. Kemudian Pilih Tambahkan Dokumen Kosong.

4. Setelah Itu Copy Pekerjaan Kalian di Word Dengan Menekan Tombol Alt + A dan Alt + C.

5. Lalu Copy Pekerjaan Kalian ke Lembar Kosong Tadi Dengan Menekan Tombol Alt + V. Akan Muncul Garis Keriting Berwarna Merah di Setiap Kata Yang Salah.

7. Kalian Dapat Langsung Mengklik Kata Itu Untuk Menggantinya Dengan Kata Yang Benar.

8. Namun, Cara Yang Mudah Adalah Dengan Menekan Tombol Ctrl + Alt + X. Maka Tampilan Layar Kalian Akan Seperti Ini, Setelah Itu Kalian Tinggal Menekan “Terima” Untuk Setiap Kata Yang Salah.

Bagaimana? Mudahkan. Semoga kalian tambah semangat untuk menyelesaikan skripsi yang belum di acc karena banyaknya typo. Bercanda kok hehehe....

Terima kasih telah berkunjung di website Tutorial Teknologi, semoga apa yang kalian cari dan kalian inginkan ada di website ini. Jika kalian tidak menemukan sesuatu yang kalian cari dalam web ini silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar. Mungkin saja Admin dapat membantu untuk membuatnya. Jika ada yang tidak jelas atau ada kesalahan dalam tutorial, Kalian juga bisa melaporkannya ke Admin dengan cara mengirimkan pesan kepada Admin melalui situs berikut:

https://www.tutorialteknologi.com/p/hubungi-saya.html

 

0 Komentar